Blogger Widgets

Adam Yauch aka MCA, Penggawa Beastie Boys Wafat

Semasa hidupnya, Yauch juga dikenal sebagai aktivis gerakan kemerdekaan Tibet.

Dunia musik kembali kehilangan sosok penting. Rapper asal Amerika Serikat Adam Yauch tutup usia pada usia 47 tahun di New York, Jumat (4/5) waktu setempat. 

Yauch yang memiliki nama panggung MCA adalah anggota dan pendiri grup hip-hop The Beastie Boys. Yauch meninggal tepat sepekan setelah Beastie Boys dimasukan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, yang merupakan pertama bagi grup hip-hop kulit putih mendapat kehormatan ini.

Yauch sendiri sudah tiga tahun berjuang melawan penyakit kanker. Semasa hidupnya, Yauch juga dikenal sebagai aktivis gerakan kemerdekaan Tibet.

"Dengan rasa sedih yang mendalam, kami memberi konfirmasi bahwa musisi, rapper, aktivis, dan sutradara Adam 'MCA' Yauch meninggal dunia di kota asalnya Ney York setelah tiga tahun melawan kanker," demikian pernyataan dari juru bicara grup.

Di kancah musik, The Beastie Boys, yang terdiri dari MCA, Mike D, dan Adrock, sangat fenomenal. Musiknya yang mengusung hip-hop, rap rock, hardcore punk, dan alternative hip-hop mampu mencuri perhatian publik. Tidak kurang dari 40 juta kopi rekaman yang sudah terjual sejak debut 1986. Mereka juga meraih 2 penghargaan Grammy pada 1998.

Yauch wafat meninggalkan istrinya, Dechen, dan anak perempuannya, Tenzin Losel.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post